Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Menjelang Persalinan yang Mudah
#1
Ketika Mendekati masa persalinan, bumil pasti merasa cemas & sedikit ketakutan akan proses persalinan ygmenyakitkan. Bahwa ketakutan ini disebabkan krn banyak cerita-cerita yg  menakutkan seputar bersalin, misalnya perdarahan, bayi susah keluar, & lain-lainnya.

Padahal ketakutan ini hanya akan menyebabkan persalinan justru menjadi lebih sulit. Faktor emosi ibu & ketakutannya akan mengurangi tenaga serta semangat saat bersalin, Untuk membantu memperlancar persalinan, beberapa tip ini bisa dipraktikkan oleh bumil.

[Image: Pregnant-woman1.jpg]
ibu hamil

Melakukan Sugesti diri

Setiap orang memiliki pengalaman kehamilannya sendiri-sendiri, maka Bunda  tak bisa menyamakan semua kondisinya. Yg termenjadi pd orang lain belum tentu termenjadi pd Bunda . Bunda  harusnya bisa mengenali tipe kehamilan Bunda  sendiri. Dari pada itu beri sugesti positif pd diri Bunda  agar kehamilan menjadi lebih menyenangkan. Bunda  jg  bisa mencari teman bicara yg positif, misalnya bergabung dalam komunitas bumil, bicara dengan ibu atau kakak perempuan, atau dengan dokter kandungan Bunda . Ketika ketakutan hilang & Bunda  mampu memberi sugesti positif, maka hormon adrenalin akan menurun & otot akan menjadi lebih rileks.

Usahakan untuk Banyak bergerak

Sekalipun perut sudah besar & berat, bukan berarti Bunda  menjadi malas bergerak. Justru saat kehamilan sudah memasuki 37 minggu lebih, Bunda  harus lebih banyak bergerak, misalnya jalan-jalan. Ketika mendekati kelahiran, bayi akan bergerak memasuki rongga panggul ibu, sehingga memicu kontraksi yg cukup sering saat pagi hari & petang
Ini sebabnya, Bunda  harus banyak bergerak, untuk memudahkan bayi bergerak bebas sekaligus menekan rasa sakit ygdirasakan ibu. Kalau kebanyakan duduk atau tidur, sakitnya justru terasa.

Melakukan hubungan seks

Krn perut berat & besar, Bunda  pasti menjadi malas berhubungan seks. Padahal berhubungan seks saat hamil sebenarnya aman dilakukan, asal tidak menggunakan gaya yganeh-aneh. mengungkapkan bahwa berhubungan seks saat hamil bermanfaat untuk merangsang keluarnya hormon oksitosin (hormon yg membuat suasana menjadi gembira). Biasanya, gairah seks saat hamil ini akan memuncak saat trimester ketiga.

Selama kehamilan normal, hubungan seks sangat disarankan. Namun, kalau bermasalah sebaiknya tidak dilakukan, terutama ketika bumil mengalami masalah plasenta ygmerembes. Ini akan menyebabkan masalah yglebih berat, krn sperma mengandung prostaglandin yg bisa meningkatkan kontraksi,

Coba Alihkan rasa sakit

Sekarang ini sudah semakin banyak teknik melahirkan ygbisa mengurangi rasa sakit, misalnya hypnobirthing, water birth, & lainnya. Pengalihan rasa sakit ini jg  bisa dilakukan dengan menonton televisi, mendengarkan musik, aromaterapi, makan camilan, & lainnya.

Yg paling penting ialah bagaimana Bunda  memberi sugesti positif pd diri sehingga persalinan lagi lancar. Melahirkan pasti sakit, tapi Bunda  tidak perlu membuatnya lebih sulit dengan marah-marah, berteriak, atau bahkan bete. Ini akan membuat tenaga Bunda  habis. Sebaliknya, seharusnya Bunda  pasang wajah senyum sesakit apapun, krn ini akan membantu Bunda  lebih tenang, & jg  semua orang yg  membantu persalinan jg  senang.

Lakukan Stimulasi puting

Keluarnya hormon oksitosin tak cuma bisa dirangsang melalui hubungan seks, tapi jg  melalui stimulasi puting. Stimulasi ini bisa dilakukan oleh pasangan, atau dilakukan sendiri. Yg harus dilakukan ialah dengan meraba daerah sekitar areola (bagian ygberwarna kecoklatan) selama beberapa menit.

Sugesti positif & pengalihan rasa sakit ini akan membantu Bunda  menekan hormon adrenalin sehingga perasaan menjadi lebih tenang.

Sumber : Tips Menjelang Persalinan
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)